ALMAMATER

Mahasiswa sangat identik dengan kata “almamater”. Ketika seorang siswa SMA memasuki jenjang perguruan tinggi, Ia akan disodorkan dengan sebuah jas yang dinamakan jas almamater. Ketika itulah siswa SMA dikatakan telah masuk menjadi  bagian dari almamater sebuah Universitas. Seiring berjalannya waktu, banyak kegiatan yang akan diikuti olehnya dengan menggunakan jas kebesaran tersebut. Yang menjadi pertanyaan besar baginya, apakah Ia mengerti apa itu “almamater” dan makna apa yang terkandung di dalamnya? 

Seorang mahasiswa dengan gagahnya menggunakan jas almamater mengikuti sebuah seminar di sebuah instansi. Ketika salah seorang peserta dari SMA bertanya kepadanya,” Kak, jas yang kakak pakai itu jas almamater kan? almamater itu apa yaw?”. Namun , dengan nada yang sangat ragu-ragu mahasiswa tersebut menjawab,”Wah saya juga gag tahu dik, pakai-pakai aja”. Siswa SMA tersebut hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya mendengar jawaban itu. Alangkah malunya menjadi mahasiswa tersebut. Oleh karenanya, agar kalian tidak menemukan situasi tersebut, marilah kita sedikit simak wacana di bawah ini tentang “Almamater” dan wawasannya.
Jika kita melihat secara arti katanya, “alma mater”, atau kadang-kadang ditulis tersambung sebagai “almamater”, adalah istilah dalam bahasa Latin yang secara harafiah berarti “ibu susuan”(http://id.wikipedia.org/wiki/Alma_mater). Ketika kita mendengar kata ibu, Ia adalah sesosok yang melahirkan, merawat, dan menyayangi anaknya hingga tumbuh besar. Dapat kita telaah, almamater yang kita junjung adalah universitas kita sendiri, dimana Ialah yang akan merawat dan membimbing mahasiswa selayaknya seorang ibu, sehingga nantinya akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang tangguh berjiwa kritis, ilmiah dan akademis. Sehingga, penggunaan istilah ini populer di kalangan akademik/pendidikan untuk menyebut perguruan tempat seseorang menyelesaikan suatu jenjang pendidikan. Maka dari itu, sebagai mahasiswa hendaknya benar-benar berbhakti dan berbangga hati menjadi bagian almamater dengan mendukung dan menjalankan segala kebijakan perguruan tinggi serta menjunjung tinggi nama baik almamater. Dari pengertian tersebut, akan muncul berbagai konsepsi almamater yang disebut “wawasan almamater”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar